Estimasi Biaya ke Semeru dari Yogyakarta



Setelah lama saya impikan, akhirnya kesampaian juga ke gunung Semeru. Nah buat kalian yang mungkin punya rencana kesana, saya akan menuliskan berapa sih kira-kira budget untuk mendaki Semeru dari Yogyakarta. Semoga membantu, ya.

         Jauh hari sebelumnya saya telah memesan tiket kereta KA Matarmaja dari stasiun Jebres dengan tujuan stasiun Malang dengan harga Rp 103.000,- untuk kelas ekonomi. Selain sedikit hemat, alasan lainnya memilih KA Matarmaja karena kesempatan untuk bertemu pendaki yang juga menuju Semeru akan lebih besar. Karena memang kebanyakan pendaki dari kota lainnya seperti Jakarta menggunakan kereta ini dan tentunya selain menambah teman perjalanan, bergabung bersama mereka nantinya biaya sewa angkot maupun jeep akan lebih murah.
  
  Semeru saat ini juga menggunakan sistem booking online melalui https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/index/blog tarif terbaru saat ini (2019) adalah Rp 19.000,- untuk hari week day dan Rp 24.000,- untuk week end. Jadi sebelum mendaki, registrasi lah terlebih dahulu dan jangan lupa untuk membawa syarat-syarat yang harus dibawa sesuai dengan yang ada pada website.

Perjalanan dimulai dari Yogyakarta. Berhubung kereta yang akan saya naiki adalah KA Matarmaja dan kereta berangkat dari stasiun Jebres Solo, dari Yogyakarta saya menaiki bus dengan tarif Rp 15.000,- dengan tujuan terminal Tirtonadi. Perjalanan butuh waktu 1 jam 30 menit. Setiba di terminal, karena jarak terminal dan stasiun yang lumayan jauh kalua jalan kaki, saya memutuskan untuk menggunakan jasa transportasi online. Ngirit biaya, harus ngirit tenaga juga, kan? Biaya dari terminal ke stasiun Jebres menggunakan transportasi online saat itu Rp 25.000,-.

Stasiun Jebres (surakarta.go.id)

Beberapa saat setelah tiba di stasiun Jebres, KA Matarmaja mulai berangkat menuju Malang sekitar 01.00 WIB dengan estimasi perjalanan sekitar 6-7 jam. Sesuai perkiraan, di beberapa gerbong kereta terlihat tas besar ciri khas para pendaki yang sepertinya juga akan ke Semeru. Sekitar jam 07.30 WIB kereta tiba di stasiun Malang. Setelah berada di luar stasiun, rombongan saya mulai berkenalan dengan salah satu rombongan yang berasal dari Jakarta. Akhirnya pun kami bersama menyewa angkot tujuan pasar Tumpang terlebih dahulu dengan biaya saat itu Rp 110.000,- per angkot, tergantung dari nego saja. Dari stasiun Malang ke pasar Tumpang perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam.

Untuk menuju  Ranu Pani yang merupakan basecamp pendakian gunung Semeru salah satu caranya adalah dengan menggunakan Jeep sewaan yang banyak terdapat di pasar Tumpang. Rata-rata biaya sewa Jeep Rp 600.000,- per Jeep dan untuk menuju Ranu Pani saja. Di sekitar pasar Tumpang ini juga banyak klinik yang bisa digunakan untuk cek kesehatan dan mendapatkan surah sehat sebagai salah satu syarat pendakian, biayanya Rp 15.000,-  Untuk perjalanan pulang agar tidak kerepotan mencari Jeep lagi, lebih baik meminta supir Jeep yang mengantar untuk menjemput setelah tiba kembali di basecamp.

Perjalanan pulang dari pasar  Tumpang menuju stasiun Malang sama dengan saat berangkat yaitu menyewa angkot, tarifnya pun sama. Untuk menuju Yogyakarta saya kembali menggunakan kereta api, berbeda dengan saat berangkat kali ini KA Malioboro Express menjadi pilihan. Meskipun sedikit lebih mahal, rute yang dilalui kereta ini tujuan akhirnya adalah stasiun Tugu Yogyakarta. Jadi saya bisa langsung beristirahat.


Keterangan
Kendaraan
Biaya per kelompok
Biaya per orang
Perjalanan Yogya – Terminal Tirtonadi
Bus
-
Rp. 15.000,-
Terminal Tirtonadi – Stasiun Jebres
Taksi Online
Rp. 25.000,- (5 orang)
Rp. 5.000,-
Stasiun Jebres – Stasiun Malang
Kereta
-
Rp. 103.000,-
Stasiun Malang – Pasar Tumpang
Angkot
Rp. 110.000,- (9 orang)
Rp. 12.000,-
Pasar Tumpang – Ranu Pani
JEEP
Rp. 600.000,- (9 orang)
Rp. 67.000,-
Surat Kesehatan
-
-
Rp. 15.000,-
Simaksi Semeru 2 weekday, 2 hari weekend
-
-
Rp. 86.000,-
Perjalanan pulang Ranu Pani – Ps. Tumpang
Jeep
Rp. 600.000,-
Rp. 67.000,-
Pasar Tumpang – Stasiun Malang
Angkot
Rp. 120.000,-
Rp. 13.000,-
Stasiun Malang – Stasiun Tugu Jogja
Kereta
-
Rp. 175.000,-
TOTAL


Rp. 558.000,-

Ini adalah estimasi biaya perjalanan pulang – pergi dari Yogyakarta ke gunung Semeru diluar logistik dan keperluan pribadi lainnya, dan berdasarkan pengalaman untuk perjalanan ini semakin banyak orang, maka akan semakin murah juga untuk menyewa Jeep dan angkot. Jadi sapalah dan berbaur bersama para pendaki lainnya yang kalian temui selama di perjalanan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Berkelana di Tanah Madura